5 Mitos dan Fakta Nyi Roro Kidul Yang Menyeramkan

loading...
loading...
Mitos dan fakta nyi roro kidul yang menyeramkan, Mitos Nyi Roro Kidul atau disebut dengan Rratu Pantai Selatan sangat terkenal mengenai cerita maupun kisahnya. Kisah-kisah tersebut banyak dikenal beberapa daerah seperti  Jawa, Bali ataupun Sunda. Adapun beberapa mengenai mitos Nyi Roro Kidul atau disebut Ratu Pantai Selatan, salah satu ialah dia berasal dari Kerajaan Sunda. Untuk lebih jelasnya lagi, anda dapat melanjutkan membaca artikel dibawah ini.
Mitos dan Fakta Nyi Roro Kidul Yang Menyeramkan

1. Putri Dari Kerajaan Sunda

Mitos pertama diceritakan bahwa kanjeng ratu kidul ialah seorang putri berasal kerjaan sunda. Akan tetapi putri tersebut telah di usir dari ibu tirinya. Putri itu bernama dewi kandita. Merupakan putri yang berwajah cantik. Dikarena ibu tirinya yang tidak suka kepadanya lalu ia diguna-guna, sehingga deti kandita melarikan diri ke Pantai Selatan.

Saat itulah dia bertemu dengan seorang dukun sakti yang mampu untuk mengeluarkan guna guna tersebut. akan tetapi saat guna guna tersebut sudah dikeluarkan, namun dia mengalami sakit kulit di seluruh badanya yakni memiliki luka dan bernanah. Akan tetapi pada suatu saat terdengar dari bisikan bahwa dewi kandita harus berenang diri di pantai selatan.

Lalu kemudian putri tersebut kemudian pergi kepantai selalu untuk mandi dilaut selatan. Ternyata benar penyakit kulit yang diderita oleh dewi kandita tersebut hilang tanpa bekas, dan dia menjadi Ratu Pantai Selatan yang memilki kekuatan sebagai penguasa laut selatan.

2. Bernama Dewi Nawagwulan

Mitos nyi roro kudul ialah istri jaka tarub. Seperti kita ketahui bahwa Dewi nawagwulan ialah istri jaka tarub. Mungkin sebagaian orang mengetahui cerita dan kisah jaka tarub tersebut. di kisahkan bahwa dewi nawagwulan dikutuk dari kerajaan langit menjadi sebangsa jin serta diperintahkan menjaga laut selatan, penyebab di kutuknya dewi nawagwulan sebab dia sudah berani menikah dengan manusia yakni jaka tarub.

3. Penguasa Pantai Selatan

Banyak orang yang mempercayai bahwa Ratu Kidul ialah ratu panti selatan penunggu laut selatan pulau jawa. Maka tidak heran jika kanjeng ratu kidul sering terkenal dengan nama Ratu Pantai Selatan. Menurut dari cerita masyarakat, kanjeng Kidul dapat berubah menjadi wanita cantik, pantai selatan yang telah menjadi daerah kekuasaan kanjeng ratu kidul kini berhadapan dengan samudra hindia yakni zona subduksi lempeng bumi. Maka apabila terjadi gempa seperti bencana di laut selatan, masyarakat setempat sering kali di kaitan mengenai keberadaan kanjeng ratu kidul.

4.  Pasangan Spiritual Para Sultan Mataram

Menurut masyarakat jawa bahwa dikisahkan kanjeng Kidul ialah istri spiritual para sultan mataram baik kesultanan Yogyakarta ataupun kesultanan solo. Seperti yang sudah diceritakan oleh pangeran wanarno kusumo. Bahwa pada awalnya pangeran panembahan senopati tersebut ingin mendirikan kerajaan baru yakni kesultanan mataram. Sebab itu, dia kemudian bertapa di pantai selatan yang bikin Ratu Pantai Selatan menjadi terganggu olehnya.

Lalu nyiri roro kidul melihat pria tampan penembahan senopati sedang bertapa, kemudian kanjeng ratu kitul meminta untuk menghentikan pertapaanya tersebut. sebagai gantinya, dia membantu untuk mendirikan kerajaan serta dilamar menjadi pasangan spiritual yang melindungi kerajaan.

5. Pintu Gerbang Menuju Kerajaan Ratu Kidul

Banyak sejarah Nyi Roro Kidul maupun cerita kanjeng ratu kidul. Salah satunya ialah pintu gerbang menuju kerajaan ratu kidul tersebut. Mitos ini diyakini oleh masyarakat bahwa terdapat pintu gerbang untuk menuju dari kerajaan Ratu Pantai Selatan jika ingin bertemu dengan ratu kidul. Diantara pantai parangtritis, pantai pelabuhan ratu, keraton Surakarta hadiningrat, vihara kalyana mitta, hotel inna samudra Jjawa Barat maupun di Pantai Sembuka.
Itulah informasi mengenai mitos dan fakta yang belum banyak yang tahu. Semoga informasi ini dapat berguna bagi pembaca. Sekian dalam mitos dan fakta nyi roro kidul yang menyeramkan, terimakasih sudah membaca.

Related Posts

5 Mitos dan Fakta Nyi Roro Kidul Yang Menyeramkan
4/ 5
Oleh
loading...