7 Mitos Pantai Parangtritis Terkait Nyi Roro Kidul

loading...
loading...
Mitos pantai parangtritis terkait nyi roro kidul, Memang pantai parangtritis ialah pantai yang terkenal di Jogjakarta. Lokasinya itu terletak kurang lebih 26 Km sebelah selatan dari kota Yogyakarta yang mempunyai keunikan serta pemandangan ombak yang cukup besar, dan lagi terdapat adanya gunung gunung pasir pada sekitar pantai tersebut.
Mitos Pantai Parangtritis Terkait Nyi Roro Kidul
Dikawasan tersebut wisata bisa berkeliling pantai memakai bendi atau kuda dapat anda sewakan lalu di kemudikan dengan penduduk disitu. Selain terkenal dengan tempat rekreasi pantai parangtritis juga dapat dipakai sebagai tempat berfoto bersama sama.
Namun dibalik dari keindahan semua itu. Tenyata terdapat mitos serta misteri parangtritis. Yakni mulai misteri dari nyiroro kidul sangat cukup melegenda, hingga sampai misteri obak yang banyak menyeret wisata bermain air ditempat itu. Lantas seperti apa mitos pantai parangtritis dengan nyi roro kidul ? Adapun mitosnya bisa anda lihat dibawah ini. 

Mitos Pantai Parangtritis Terkait Nyi Roro Kidul

1. Penunggu Parangtritis

Mungkin ada sudah mendengar tentang cerita ini. Konon dahulu kala banyak orang bercerita bahwa Pantai parangtritis terdapat penunggu dari bangsa jin yaitu Ratu Kidul. Hingga sampai saat ini cerita tersebut dipercayai oleh masyarakat Jawa. lalu apakah anda percaya ?

2. Dilarang Memakai Baju Hijau

Entah kapan mitos tersebut ada, konon di pantai parangtritis bagi para wisata tidak boleh memakai ataupun menggunakan baju yang berwarna hijau. jika anda tetap melanggar, maka nyawa anda akan melayang. karena menurut cerita bahwa ratu kidul suka sekali dengan warna hijau, bahkan ada cerita bahwa kebanyakan orang yang tenggelam disana memakai baju hijau. nyi roro kidul sangat suka sekali dengan pria

Sehingga kanjeng ratu kidu akan merekrut lelaki yang memakai  baju hijau tersebut sebagai prajurit ataupun pegawai di kerajaanya. Apa itu benar atau tidaknya mengenai mitos tersebut. akan tetapi banyak warga disana mempercayai tentang mitos ini. seperti diketahui bahwa terdapat lukisan lukisan ratu kidul sedang memakai baju warna hijau. Hal inilah yang menjadi mitos sampai sekarang ini.

2. Tradisi Lambuhan

Pantai parangtritis juga sering dipakai sebagai tempat upacara yakni tradisi adat disebut dengan labuhan. Labuhan tersebut dikerjakan pada zaman dahulu, yaitu mualai dari HB I. Dalam tujuan melakukan upacara yakni tradisi labuhan untuk memohon doa restu supaya Kesultanan Yogyakarta dapat menjadi makmur serta sejahtera. Maka tidak jarang untuk tradisi labuhan tersebut dapat mengundang para wisata yang penasaran ingin menonton apabila upacara tersebut berlangsung.

4. Pintu Gerbang Kerajaan

Mitos inilah yang paling kuat yakni disekitar dari kawasan pantai parangtritis ialah terdapat kerajaan laut telah dipimpin Nyi Roro Kidul. Kanjeng ratu kidul ialah wanita jin atau ghaib mempunyai kekuatan menguasai kesultanan Jogjakarta. Maka sebab itu setiap kegiatan dilaksanakan di area Kesultanan Jogjakarta harus meminta izin dari Kanjeng ratu kidu terlebih dahulu, apabila tidak maka acara tersebut bisa menjadi berakhir dengan tragis.
Maka tidak jarang sebelum menlaksanakan acara tersebut, sultan berkomunikasi serta melaksanakan ritual upacara di pantai parangtritis, yang konon merupakan salah satu gerbang untuk menuju dari kerajaan ratu kidul tersebut.

5. Obak Menyeret Banyak Orang


Kisah ini sudah lama sekali terjadi, yang konon banyak yang bilang bahwa apabila ada orang yang terseret ombak di pantai selatan, kisah tersebut di kaitkan tentang ratu kidul sedang membutuhkan budak lagi. entah kapan kisah itu bermula, namun banyak masyarakat dahulu menyebut sedemikian itu.

Konon orang hilang merupakan orang disukai ratu kidul. Maka tidak heran banyak pria hilang dibawa ombak dibandingkan dengan wanita. Oleh sebab itu jika belibur diparangtritis jangan berenang terlalu jauh, karena disana obaknya cukup besar.

6. Memiliki Saudara Kembar

Tidak hanya itu saja, konon katanya kanjeng ratu kidul memiliki saudara kembar ? Lalu siapakah dia, apabila kita menulusuri lebih jauh, maka saudara kembarnya adalah nyi blorong sendiri. menurut orang jaman dahulu berkata tentang kemiripan dari nyi roro kidul dengan nyi blorong adalah sama-sama mempunyai wajah sangat cantik, berwibawa dan selalu menggunakan kain hijau.

7. Kesultanan Yogyakarta

Cerita terakhir yakni konon katanya ratu kidul itu memiliki suatu hubungan dengan kesultanan yogyakarta. Jadi apabila sultan ini mengadakan kegiatan, maka terlebih dahulu harus meminta izin, apabila tidak maka kegiatan tersebut bisa berakhir tragis. entah kapan cerita ini anda.
Itulah pembahasan singkat untuk sekarang ini mengenai mitos yang terdapat di pantai parangtritis Semoga dapat menjadi wawasan bagi pembaca. Sekian tentang mitos pantai parangtritis terkait nyi roro kidul, terimakasih sudah membaca.

Related Posts

7 Mitos Pantai Parangtritis Terkait Nyi Roro Kidul
4/ 5
Oleh
loading...