Mitos dan Misteri Putus Cinta di Candi Prambanan

loading...
loading...
Mitos dan misteri putus cinta di candi prambananPernahkan anda mendengar mitos pacaran di candi prambanan yang menyebabkan hubungan putus. Cerita misteri dan mitos ini khusus bagi anda yang masih asiknya pacaran. Memang mitos candi prambanan akhir – akhir ini banyak di bicarakan oleh sebagian orang terutama bagi kaum pemuda. Lantas benarkah mitos putus cinta di candi prambanan ? Apabila anda ingin mengetahui ceritanya berikut ulasannya.
Mitos dan Misteri Putus Cinta di Candi Prambanan
Sebenarnya kisah ini sudah lama sekali, kenapa candi prambanan sekarang ini menjadi mitos pacaran di candi prambanan dapat menyebabkan putus hubungan, hal tersebut sebenarnya di kaitkan dengan Rara Jonggrang atau sering disebut Roro Jonggrang dengan Bandung Bandowoso. Lantas bagaimana ceritanya ? Berikut ulasannya.
Mitos dan Misteri Putus Cinta di Candi Prambanan

Pada zaman dahulu terdapat dua kerajaan yang sering bertentangan yaitu kerajaan Pengging di pimpin raja bernama Prabu Damar Maya yang memiliki putra bernama Bandowoso sedangkan kerajaan Baka di pimpin raja bernama Prabu Baka memiliki putri cantik bernama Rara Jonggrang.

Sebenarnya kedua kerajaan ini hidup damai dan makmur, namun demi untuk memperluas kerajaan maka timbulah peperangan. Hingga pada akhirnya Prabu Baka berkeinginan untuk menguasai kerajaan Pengging yang di pimping oleh Prabu Damar Maya. Prabu Baka mengutus prajuritnya untuk menyerang kerajaan Pengging. Sehingga banyak rakyat disana yang terluka.

Hingga berita tersebut sampai ke Prabu Damar Maya, prabu Damar Maya marah dan mengutus putra saktinya bernama Bandung Bandowoso untuk menyerang Kerajaan Baka. Hingga sampailah di kerajaan Baka. Kedatangan Bandowoso pun di ketahui oleh patih Prabu Baka yang bernama Gupala. Kemudian Gupala langsung melaporkan bahwa kerajaan baka di sering balik oleh prajurit dari kerajaan Pengging yang di pimpin oleh putranya Prabu Damar Maya yakniBandowoso.

Sebelum masuk di kerajaan Baka, sudah di hadang oleh Prabu Baka. Hingga pertempuran terjadi antara Prabu Baka dengan Bandung Bandowoso. Peperangan sengit itu ternyata di menangkan oleh Bandowoso dan Prabu Baka pun tewas. Saat itu patih Gupala mundur dan melaporkan berita itu yakni putri dari Prabu Baka.

Rara Jonggrang pun menanggis setelah mendengar cerita dari patih Gupala bahwa ayahnya telah tewas di tangan Bandowoso. Kemudian menerobos masuk ke kerajaan Baka dan pada akhirnya bertemu dengan seorang putri cantik jelita yakni putri dari Prabu Baka.

Hingga pada akhirnya kerjaan Baka kini telah di kuasai oleh Bandung Bandowoso. Akan tetapi malapetaka itu terjadi karena jatuh cinta kepadanya, bahkan ingin melamarnya, akan tetapi lamaran tersebut di tolak oleh Rara Jonggrang karena telah membvnuh ayahnya bernama Prabu Baka.

Bandung Bandowoso pun tidak putus asa, hingga berbagai cara telah dilakukan untuk mendapatkan Rara Jonggrang, akan tetapi semua itu sia – sia saja, karena Rara Jonggra tetap pada pendiriannya tidak mau menikah orang yang telah membvnuh ayahnya. Hingga pada akhirnya  memikirkan agar bisa terlepas jeratan tersebut.

Rara Jonggrang : Aku mau menerima lamaran kamu asal kamu bisa memenuhi dua syarat yang aku berikan..

Bandung Bandowoso : Apa dua syarat itu ? Sebutkan padaku

Rara Jonggrang : Syarat pertama kamu harus membuat sumur dan syarat kedua kamu harus membuat seribu candi untukku sebelum matahari terbit ? Apabila kamu gagal, maka selamanya kamu tidak akan menggangu aku lagi.

Bandung Bandowoso : Baiklah, aku akan memenuhi kedua syarat itu sebelum matahari terbit, apabila kamu berbohong kepadaku, maka kamu akan tahu akibatnya.

Hingga akhirnya menerima syarat Rara Jonggrang yakni membuat sumur dan membangun seribu candi prambanan sebelum matahari terbit. Bandowoso kemudian memanggil semua makhuk ghab yang ada untuk membantu menyelesaikan kedua syarat tersebut. Beberapa waktu kemudian syarat pertama yakni membuat sumur telah terselesaikan, konon sumur itu di beri nama Jalatunda.

Setalah pembuatan sumur Jalantunda selesai, Kemudian membangun seribu candi prambanan. Jonggrang merasa takut apabil kedua syarat yang diberikan bisa diselesaikan sebelum matahari terbin, hingga akhirnya ingin mengagalkan pembuatan seribu candi tersebut dengan cara mengutus dayang – dayang untuk membakar jerami di sebelah Timur, tujuan ini untuk membuat takut makhluk ghab untuk mengira pagi telah datang.a

Ternyata rencana Rara Jonggrang berhasil, sangat senang sekali jika seribu candi prambanan itu telah gagal hanya bisa menyelesaikan 999 candi prambanan saja. Sampai akhirnya pun mengetahui bahwa Jonggrang yang telah mengagalkan pembuatan seribu candi prambanan itu. Bandung Bandowoso menjadi murka dan mengutuk dia menjadi batu untuk mengenapi seribu candi yang belum diselesaikannya.

Patung tersebut bisa anda lihat di dalam ruangan candi prambanan utama, konon kabarnya patung itu adalah wujud Rara Jonggrang yang telah di kutuk Bandung Bandowoso menjadi batu. Sedangkan dayang – dayang istana yang sudah membantu juga di kutuk nikah ketika lanjut usia.
Itulah penyebabnya kenapa candi prambanan memilki cerita mitos. Hal tersebut di kaitan tentang cerita zaman dahulu antara Rara Jonggrang dan Bandung Bandowoso. Sekian pembahasan kami tentang mitos dan misteri putus cinta di candi prambanan, terimakasih telah membaca.

Related Posts

Mitos dan Misteri Putus Cinta di Candi Prambanan
4/ 5
Oleh
loading...