Mitos dan Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

loading...
loading...
Mitos dan misteri air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Selain Alas Purwo, ternyata di air terjun sri Gethuk juga terkenal sebagai pusat kerajaan Jin. Benarkah cerita tersebut ? Dalam pembahasan ini akan sedikit menuliskan tentang cerita mitos dan misteri yang ada. Untuk lebih jelasnya kita dapat membahasnya dibawah ini.
Mitos dan Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
Seperti banyak orang mengetahui bahwa lokasi air terjun ini yang terletak Dusun Menggoran, Bleberan Playen, Gunung Kidul Jawa Tengah ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi. Karena selain pemandangan disana cukup indah tentu tidak lupa juga udara yang dingin yang menjadi daya tarik tersendiri untuk belibur disana.
Mitos dan Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Memang disana merupakan salah satu objek wisata cukup populer seperti denga Grojogan Sewu Tawangmangu yang konon juga memiliki cerita mitos yang anda. Bagi anda belum pernah berkunjung disana, maka anda dapat mencobanya bersama teman – teman untuk menikmati dinginanya udara disana. Jika anda sedang belibur di Tawangmangu tidak ada salahnya juga untuk berkunjung di Sarangan.

Sehingga air terjun Sri Gethuk banyak yang mengatakan sebuah tempat yang cukup angker. Benarkah ? Hal tersebut karena di pada zaman dahulu dikenal dengan nama Slempet menjadi legenda dari desa Bleberan. Banyak orang berpendapat bahwa disana menjadi salah satu tempat kerajaan Jin. Dimana semua mahkluk ghaib akan berkumpul yang telah di pimpin oleh jin Anggo Meduro merupakan raja Jin, dari semua Jin disana tunduk dan takut kepada Anggo Meduro.

Namun dibalik kepimpinan dan sebagai raja Jin disana ternyata Anggo Meduro menyukai suatu hal yang unik seperti gamelan, kesenian maupun karawitan. Entah kenapa Anggo Meduro suka sekali dengan hal seperti itu, yang jelas tentu ada asal usulnya. Oleh sebab itu apabila disana anda mendengar suara – suara seperti gamelan, akan tetapi tidak ada orang yang memainkannya itu berarti Jin Anggo Meduro yang telah memainkannya.

Banyak orang berpendapat bahwa gamelan itu juga berasal dari Alam Ghaib yang artinya manusia biasa tidak bisa melihat alat gamelan tersebut kecuali orang yang memiliki ilmu. Alat gaib itu akan di simpan salah satu dari dua tempat, yang pertama di Sri Gethuk dan yang kedua di Mergangsan. Kedua tempat itu alat ghaib seperti gamelan di simpan oleh Anggo Meduro. Menurut beberapa orang berpendapat bahwa konon suatu tempat untuk menyimpan instrumen gamelan dengan nama yakni Gethuk. 
Demikian tentang cerita sekarang ini, semoga cerita diatas dapat sedikit menghibur anda. Sekian dari kami tentang mitos dan misteri air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, terimakasih sudah berkunjung.

Related Posts

Mitos dan Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
4/ 5
Oleh
loading...